Tentang Situs Ngrukem.com

Tentang Kami

Situs ngrukem.com ini didedikasikan sebagai media bersama untuk belajar bersama dan bersama-sama belajar tafaqquh fid-diin. Pada mulanya, situs ini merangkum, mendokumentasikan, sekaligus memublikasikan materi pembelajaran di dalam kelas Fikih Ibadah di STIQ An-Nur Yogyakarta. Ke depan, situs ini akan terus dikembangkan untuk ruang yang lebih luas.

Satu hal yang mendasari pembuatan situs ini adalah kami sadar bahwa ilmu bukanlah untuk ilmu semata yang murni dan rigid. Ilmu adalah ladang sekaligus media untuk amal demi kemaslahatan publik yang lebih luas. Ilmu tidak boleh menutup diri dari lingkungan dan hanya dinikmati oleh mereka yang berkesempatan duduk di kelas saja. Ilmu harus mengabdi pada kemaslahatan publik.

Untuk menuju pengabdian tersebut, langkah pertama yang harus ditempuh adalah melempangkan akses terhadap ilmu pengetahuan. Sebab itulah, materi-materi diskusi di dalam kelas kemudian kami publikasikan melalui situs ngrukem.com ini. Kami berharap tulisan-tulisan sederhana di sini bisa memberikan manfaat bagi pembaca dan para pembelajar.

Kesadaran untuk berpijak pada lingkungan membuat kami memilih Ngrukem sebagai nama situs. Ngrukem adalah nama pedukuhan di mana kami berada. Sebuah pedukuhan yang asri, dikelilingi sawah yang menghijau di Bantul, Yogyakarta. Dari sebuah kampung kecil, kami ingin berbuat sesuatu untuk dunia.

Namun demikian, kami sadar bahwa tulisan-tulisan di sini masih compang-camping. Harap maklum, esai-esai ini ditulis oleh mahasiswa tingkat awal yang baru merangkak belajar menyusun logika dan kata. Maka kritik dan saran konstruktif sangat kami nantikan.

Kami juga membuka ruang bagi siapa saja yang hendak berkontribusi di situs ini dengan menghubungi redaksingrukem[@]gmail.com. 


Takrif

- Situs ini dikelola secara mandiri dan tidak berafiliasi dengan lembaga STIQ An-Nur atau Ponpes An-Nur Ngrukem.
- Pemikiran yang dimuat di situs ini tidak mencerminkan pandangan resmi STIQ An-Nur atau Ponpes An-Nur Ngrukem. Situs resmi STIQ An-Nur adalah www.stiq.ac.id. Situs resmi Ponpes An-Nur Ngrukem adalah www.pondok-ngrukem.com,
- Pendapat yang disampaikan di situs ini adalah pendapat pribadi para penulis dengan merujuk pada kajian-kajian ilmiah.
- Hak cipta setiap tulisan melekat pada masing-masing penulis.
- Setiap penulis bertanggung jawab atas tulisannya masing-masing.
- Semua tulisan di situs ini bebas dimanfaatkan dan disebarluaskan untuk kepentingan publik secara bertanggung jawab, nonkomersil, dengan mencantumkan nama penulis dan tautan tulisan di situs ngrukem.com ini.

0 komentar: