Kesalahan-Kesalahan Kecil ini Bisa Membuat Motor Cepat Rusak

Motor dirawat jadi oke




Memiliki motor bukanlah hal yang sulit di zaman modern ini. Bahkan kita bisa memilikinya dengan sistem kredit bila belum memiliki uang tunai yang mencukupi. Proses kredit motor kini semakin mudah dan cepat. Sehingga kita pun bisa leluasa beraktivitas dengan motor baru.

Kalau sudah memiliki motor baru sesuai kebutuhan, kita juga wajib merawatnya secara cermat. Karena kesalahan-kesalahan kecil yang terjadi rupanya bisa membuat motor jadi cepat rusak. Mari kenali dulu beberapa kesalahan tersebut agar kita tidak melakukannya lagi:



Membawa Beban Berlebihan
Beban berlebihan ternyata berisiko membuat motor lekas rusak. Karena velg dan shock breaker harus bekerja ekstra akibat beban tersebut. Tak hanya itu saja, beban berlebihan pun membuat penggunaan bahan bakar jadi boros. Sebaiknya kita cermat mengenali kapasitas maksimal motor supaya tidak mengangkut beban berlebihan saat mengendarainya.



Selalu Menginjak Pedal Rem
Salah satu kesalahan sepele yang sering dilakukan saat mengendarai motor adalah selalu menginjak pedal rem. Padahal kebiasaan ini bisa berpengaruh pada kualitas kopling secara keseluruhan. Risiko slip pada plat kopling akan semakin besar dan kopling pun jadi mudah aus.


Membuka Gas Terlalu Besar Saat Menyalakan Motor
Ternyata membuka gas terlalu besar juga berisiko merusak motor. Sebab udara yang masuk ke bagian mesin akan semakin banyak dan tak sebanding dengan rasio bahan bakar. Akibatnya, mesin harus bekerja ekstra keras dan rentan rusak bila dibiarkan terus-menerus.


Tak Pernah Menggunakan Electric Starter
Banyak orang yang enggan menggunakan electric starter pada motor karena khawatir menguras performa aki. Padahal penggunaan electric starter justru sangat penting untuk menunjang kelancaran sistem kelistrikan motor. Tak ada salahnya sesekali menyalakan motor dengan sistem electric starter supaya semua komponen kelistrikan bekerja maksimal.



Mengisi Bahan Bakar Terlalu Penuh
Kita tak harus mengisi bahan bakar motor sampai penuh. Karena bahan bakar motor juga butuh ruang agar sedikit udara bisa masuk dan mendukung proses pembakaran pada mesin. Isilah bahan bakar motor secukupnya. Jangan pula membiarkan bahan bakarnya terlalu kosong agar kinerja mesin tak terganggu.


Mengabaikan Kualitas Ban Motor
Ban motor adalah komponen yang paling mudah rusak karena bersentuhan langsung dengan jalanan. Oleh sebab itu, kita harus memeriksa kondisi permukaan dan tekanan ban secara teratur. Jangan sampai kerusakan ban malah memperbesar risiko kecelakaan. Usahakan untuk mengganti ban secara berkala supaya performa ban senantiasa prima.


Malas Melakukan Servis Berkala
Servis berkala akan menuntaskan kerusakan-kerusakan ringan pada motor. Kini banyak distributor spare part motor yang menjual spare part orisinal sesuai tipe motor tertentu. Kita tak akan kesulitan memperoleh spare part berkualitas agar performa motor kembali stabil. Siapkan budget dan waktu senggang untuk melakukan servis berkala pada motor kesayangan.

Jika kita cermat menghindari tujuh kesalahan kecil tersebut, niscaya kondisi motor akan senantiasa baik dan nyaman dikendarai. Kita pun tak akan direpotkan oleh motor yang mogok ketika beraktivitas. Motor kesayangan harus mendapatkan perhatian istimewa setiap saat.

0 komentar: