Inilah Lima Butir Risalah Sarang dari Ulama Khas NU Hadapi Problem Kebangsaan




Saat ini, negeri ini menghadapi ancaman isu primordialisme yang makin menguat. Para ulama khas NU kemudian berkumpul di Sarang Rembang, di kediaman KH. Maimun Zubair untuk merumuskan prinsip-prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara yang selaras dengan Islam dan visi ke-NU-an.

Risalah ini menegaskan bahwa NU akan bersikap moderat, tasamuh, demokrasi, dan mengedepankan kepentingan NKRI sebagai bagian integral dari wujud NU itu sendiri. Sikap ini juga NU arahkan untuk diikuti oleh seluruh bangsa Indonesia.

NU juga mendesak aparat penegak hukum untuk menegakkan hukum dengan adil. Pemerintah juga didiesak untuk bersikap adil dan memberikan kebijakan yang berorientasi pada kemaslahatan umat dengan meminimalisir kesenjangan.

Teknologi informasi harus dimanfaatkan secara adil dan bertanggung jawab. Pemerintah, seluruh pengguna TI, dan segenap pemangku kepentingan diminta untuk meminimalisir ekses negatif dari TI.

Para penerima amanah di negeri ini dituntut untuk berlaku adil dan bertanggung jawab atas amanah yang ia terima. Dan di akhirnya Risalah, para ulama khas NU meminta agar diadakan silaturahmi kebangsaan yang menjalin kembali simpul-simpul persaudaraan dan kesatuan.

Risalah Sarang lengkap bisa diunduh di tautan ini.

0 komentar: