Kalau Sudah Memenuhi Empat Hal ini, Salat Menjadi Wajib






Syarat wajib adalah syarat yang jika terpenuhi maka hukum salat menjadi wajib atas seseorang tersebut.


1. Islam
Setiap orang yang beragama Islam , baik laki-laki dan perempuan di wajibkan untuk shalat secara mutlak. Sehingga orang yang tidak beragama Islam tidak memiliki kewajiban untuk menjalankan shalat.


2. Baligh
Ini adalah syarat wajib salat yang kedua. Baligh adalah sampainya kedewasaan seseorang dengan di tandai untuk laki-laki keluarnya mani. Dan untuk perempuan keluarnya darah head. Usia baligh ini diperkirakan antara usia 8 sampai 15 tahun. Sehingga apabila telah sampai usia baligh di wajibkan untuk melaksankan shalat sampai-sampai dalam hadis Nabi menyuruh untuk memerintahkan anak melaksanakan shalat pada usia 7 tahun dan memukul anak untuk shalat ketika usia 10 tahun


3. BerakalDalam maksud akal sudah mulai berfungsi untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah atau dalam bahasa lain mumayyiz sehingga orang yang kehilangan akalnya seperti, orang gila, epilepsi tidak berkewajiban untuk melaksanakan shalat karena kehilangan akalnya.


4. Telah mendapatkan dakwah RosulullahSyarat wajib salat keempat adalah pernah menerima dakwah Islam.  Maksudnya syariat atau perintah shalat telah diterimanya walaupun tidak dari ucapan langsung Rasulullah bisa lewat dakwahnya seorang kyai atau sebagainya sehingga orang yang belum mendapatkan dakwah atau perintah shalat seperti dalam daerah-daerah pelosok tidak berkewajiban shalat karena dia belum mendapatkan perintah tersebut dan belum tahu tata caranya.



Sumber : Kasyifatussaja syarah safinatunnajah

Nama : Wiwit Sofyan
NIM : 15.10.1035
Mata Kuliah : Fiqih I
Dosen Pengampu : M. Nasrudin, SHI, MH
Semester II, kelas PAI C

0 komentar: