Perbedaan Salat Jamaah dengan Salat Jum'at








1. Shalat jama’ah

Shalat jama’ah adalah shalat yang dilakukan secara bersama-sama, dalam melaksanakan shalat jama’ah wajib terdiri dari imam dan makmum. Keutaman shalat berjam’ah sangatlah baik, karena mengandung 27 derajat kebaikan dari pada shalat secara munfarid.


Dasar perintah untuk melaksanakan shalat jama’ah diantarannya yaitu dalam sebuah hadis yang artinya: Apabila ada tiga orang di dalam satu kampung atau dusun mendirikan shalat berjama’ah niscaya mereka akan dapat mengalahkan setan. (HR. Ibnu Hibban dll. dan dianggap shahih).


Dalam kitab fathul muin dijelaskan bahwa orang yang melakukan shalat secara berjama’ah akan melakukan 27 kebaikan yaitu di antarannya: Akan menjawab adzan, akan melaksanakan shalat sunnah, pergi kemasjid termasuk dari berjihad menyebarkan agama Islam, memperbaiki gerakan shalat, menghilangkan rasa malas dll. Menurut Imam Nawawi adapun yang lebih sah shalat berjama’ah itu merupakan fardhu kifayah bagi kaum laki-laki baligh, merdeka, berdiam di kampungnya pada shalat ada’ sekirannya tampak syiarnya di tempat tinggalnya.


Dalam shalat berjama’ah makmum wajib berniat menjadi makmum yaitu mengikuti shalat imamnya, dan dalam niat tidak wajib menyebutkan nama imamnya. Lain halnya dengan imam, ia tidak wajib berniat menjadi imam dalam halnya sahnya shalat untuk diikuti.



2. Shalat jum’at
Kewajiban shalat jum’at dijelaskan dalam hadis yang artinya: Shalat jum’at wajib dilaksanakan dengan berjama’ah bagi setiap muslim kecuali empat orang yaitu: Hamaba sahaya, wanita, anak-anak, orang sakit (HR. Bukhari, Abu Dawud, dan Hakim). Berbeda dengan shalat jama’ah lainnya, dalam shalat jum’at imam diwajibkan niat menjadi imam. Adapun shalat-shalat selain shalat jum’at, niat menjadi imam adalah sunah (sunah bagi imam) kalau tidak berniat menjadi imam maka shalatnya dinilai munfarid.


Makmum dinyatakan memperoleh berjama’ah bersama imam, di dalam shalat jum’at selama imam belum mengucapkan salam awal, walau makmum tersebut belum sempat beserta imam.


Selain hal di atas perbedaan shalat jama’ah dengan shalat jum’at yaitu orang yang dikenai kewajiban melaksanakan, shalat jumat hannya diwajibkan untuk orang laki-laki yang beragama islam, baligh, berakal, merdeka, sehat, dan mukmin atau menetap. Dalam shalat jum’at juga harus terdapat khotbahnya.

0 komentar: