Salat Sunah yang Dianjurkan Berjamaah











Dalam buku karangan Ahla Shuffah, Kamus Fiqih, Shalat sunnah adalah ibadah yang dianjurkan oleh agama untuk dikerjakan dan diperbolehkan untuk meninggalkannya. Shalat sunah adakalanya yang disunnahkan berjamaah dan ada yang tidak.


Shalat Sunnah Yang Dianjurkan Berjamaah Sebagai Berikut:


1. Shalat Dua Hari Raya Yaitu Shalat Idul Fitri dan Shalat Idul Adha.


Artinya:“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah”.(al-kautsar:2).

Yang dimaksud berkorban di sini ialah menyembelih hewan Qurban dan mensyukuri nikmat Allah.


Menurut buku fath al-qarib karangan Syamsudin waktu shalat ‘ied ialah antara keluarnya matahari hingga matahari bergeser dari tengah.


2. Shalat Gerhana Matahari dan Gerhana Rembulan

Artinya:“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah yang menciptakannya, jika ialah yang kamu hendak sembah.”(QS. Fusshilat:37)


Waktunya shalat gerhana matahari dapat hilang dengan sebab matahari kembali pulih, dan untuk gerhana rembulan dengan kembali bersinar dan keluarnya matahari tidak dengan keluarnya fajar atau tenggelamnya bulan.


3. Shalat Istisqo’


Yaitu shalat permintaan hujan oleh seorang hamba kepada allah swt.


Saat membutuhkanya. Sebagaimana firman allah swt:


Artinya:“Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat.”(QS. Nuh 10-11)


Waktunya setiap saat kecuali waktu makruh untuk melakukan salat. Yakni dihari hari keempat setelah melaksanakn puasa selama tiga hari.


4. Shalat Tarawih Berserta Witir


Waktu dalam karangan, Ahla Shuffah, Kamus Fiqih, ialah setelah melaksanakan shalat isya’ meskipun dengan jama’ taqdim hingga terbit matahari.


Selain yang telah disebutkan tidak disunnahkan dilakukan secara berjama’ah. Hanya saja kalaupun dilakukan berjama’ah, tidak sampai terkena hukum makruh bahkan saja disertai dengan tujuan seperti mendidik maka lebih baik.



0 komentar: