Penggunaan Emas yang Diperbolehkan dalam Islam






ولايجوز استعمال أوني الذهب والفظة ويجوز استعمال غيرهما من الاواني

“Tidak boleh menggunakan bejana-bejana dari emas dan perak. Dan boleh menggunakan bejana-bejana selain dari keduanya”.


Penjelasan:
Abu Syuja’ memulai penjelasan dari yang pertama, dia mengatakan, tidak boleh (dalam keadaan tidak darurat) bagi laki-laki dan perempuan menggunakan bejana-bejana dari emas dan perak, baik untuk makan, minum atau selainnya. Sebagaimana diharamkan memakai bejana-bejana yang disebutkan itu, maka haram pula membuatnya bukan untuk dipakai, menurut pendapat yang paling shahih. Haram juga memakai bejana yang di sepuh dengan emas dan perak manakala terjadi sesuatu perubahan dari pelapisan itu seandainya didekatkan pada api.


Redaksi ويجوز استعمال غيرهما من الاوانى “dan boleh menggunakan bejana-bejana selain keduanya”, maksudnya selain dari emas dan perak, meskipun itu merupakan bejana-bejana yang berharga.

Haram menggunakan bejana yang dilapisi perak yang besar, yang menurut kebiasaan dijadikan sebagai perhiasan. Jika peraknya besar namun untuk kebutuhan, maka hukumnya boleh tapi dihukumi makruh. Atau jika peraknya kecil menurut kebiasaan namun untuk tujuan perhiasan, maka hukumnya makruh. Namun jika karena ada kebutuhan, maka hukumnya tidak makruh. Sedangkan melapiskan emas pada bejana itu hukumnya haram secara mutlak.

Jadi jika emas dan perak itu digunakan untuk bejana memang sudah mutlak haram namun, ada pendapat juga kalau tentang bejana yang menggunakan perak, boleh bila itu hanya di buat alas saja, bukan di tempelkan secara permanen pada sebuah wadah. Emas dan perak boleh di gunakan apabila itu untuk digunakan sebagai perhiasaan, tapi hanya kaum wanita, karena itu untuk perhiasan, sedangkan untuk kaum pria dilarang memakai emas dan perak.

Kenapa emas dan perak dilarang digunakan untuk di jadikan sebuah bejana, kaerna ada sebuah pengertian bahwa setiap orang islam ketika di syurga itu segala bentuk wadah terbuat dari emas, dan selain itu bila menggunakan emas sebagai bejana itu ada unsur sombong dan berlebihan.

0 komentar: