Outline Mata Kuliah Fikih





DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Fikih I adalah mata kuliah yang secara umum membahas fikih ibadah. Tujuan akhir mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan fikih ibadah dengan baik, khususnya dalam mazhab Syafi’i. Sebagai pengayaan, mata kuliah ini akan membuka ruang dialog lintas mazhab.
KONTRAK PERKULIAHAN
Perkuliahan diawali dengan presensi seluruh peserta studi. Jika lembar presensi sudah ditutup atau maksimal 15 menit dari jam masuk, maka mahasiswa yang datang terlambat tetap diperkenankan mengikuti perkuliahan karena belajar adalah hak setiap orang. Namun demikian, mahasiswa tersebut tidak tercatat hadir dalam presensi. Kehadiran minimal yang disyaratkan untuk bisa mengikuti ujian akhir adalah 75%. Ujian akhir dilaksanakan setelah setidaknya 75% materi tuntas dibahas. Jika materi tidak tuntas sementara waktu tidak mencukupi, maka akan dibuka kelas tambahan dengan membuat jadwal yang disepakati bersama.
STRATEGI PERKULIAHAN

Mata kuliah ini menggunakan kitab fikih Fath al-Qarib al-Mujib sebagai referensi utama. Setiap peserta studi WAJIB membaca buku tersebut sebelum perkuliahan berlangsung sesuai tema yang akan dibahas. Peserta studi dipersilakan membaca berbagai versi yang tersedia, dalam bahasa Indonesia, Jawa, Arab, matan, syarah, atau hasiyah. Kitab tersebut HARUS dibawa saat perkuliahan. Kitab lain yang digunakan sebagai acuan lanjutan adalah Bidayah al-Mujtahid dan al-Fiqh ala al-Mazahib al-Arba’ah.

0 komentar: