Haul Dua Pendiri Ponpes An-Nur Ngrukem





NGRUKEM. Rabu (16/12/15) Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul menyelenggarakan haul dua pendirinya, yakni KH. Nawawi Abdul Aziz dan Ny. Hj. Walidah Munawwir. Tahun ini adalah kali pertama khaul kedua pendiri tersebut diperingati secara bersamaan, yakni khaul pertama untuk KH. Nawawi dan keempat untuk Ny. Hj. Walidah.

Acara puncak khaul ini diisi dengan pengajian akbar yang difokuskan di halaman STIQ An-Nur. Pengajian ini menghadirkan KH. Nurul Huda Djazuli, pengasuh PP Al-Falah Ploso Kediri dan Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA, Ketua Umum PBNU untuk mengisi mauidzah hasanah. Pengajian ini dimulai pukul 20.30 WIB dan terbuka untuk masyarakat umum. Sayangnya, KH. Said Aqil berhalangan hadir.

Sebelum pengajian akbar, di tempat yang sama digelar prosesi wisuda khatmil quran. Tercatat 309 santri akan diwisuda, baik juz amma, bin-nadzri, maupun bil-hifdzi. “Yang unik dari PP An-Nur Ngrukem dan jarang ditemukan di pesantren lain adalah wisuda khatmil quran qiraat sab’ atau tujuh macam bacaan al-Qur’an.” kata Muhammad Jamil, ketua panitia bagian acara.


Satu hal yang cukup menarik, banyak warga yang memanfaatkan acara ini untuk berdagang di sekitar jalan maupun pondok. Beberapa komunitas santri turut mendirikan stand. Mereka berjualan pakaian, makanan ringan, buku, mushaf, dan souvenir Pondok Pesantren An-Nur. (Ahmad Sangidu)

0 komentar: